Potensi Wisata Samboja

Kecamatan Samboja merupakan daerah yang memiliki banyak objek wisata. Berikut beberapa potensi wisata yang dapat di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

ambors11. Lamin Etam Ambors
Obyek wisata “Lamin Etam Ambors” ialah wahan Outbound dan Pemancingan yang terletak di desa Tani bhakti Km 28, Samboja , Kutai Kartanegara. Akses jalan menuju Obyek wisata “Lamin Etam Ambors” cukup baik. Obyek dan daya tarik Obyek wisata “Lamin Etam Ambors” ini menawarkan berbagai macam fasilitas diantaranya Gajebo Villa, Gedung pertemuan lamin etam, Gajebo Outdor, Panggung Joglo, Electone, musolla, dan arena permainan, Diantaranya Titanik, Tangkap Ikan / belut, Gepuk Bantal, Trip trans Borneo, Joget Kursi, Kudeta Raja, Tarik Tambang eksekutif, Ring Toes, Friendshiep circle, Tupai Pohon, Rebut balon, dll., wahana permainan yang tersedia diantaranya Flying fox, sepeda air, perahu dayung, Tunggang Kuda, Motor ATV kecil dan besar, Kereta Thomas, Trampholin, bola air, yang semua hharga tiketnya dari Rp. 10.000; s/d Rp.30.000;
2. BOSbos
Borneo Orangutan Survival (BOS) adalah salah satu daya tarik wisata Kutai Kartanegara yang tidak kalah uniknya dengan Bukit Bangkirai dan masih sangat jarang di Indonesia. Yayasan BOS merupakan yayasan yang sangat peduli pada pelestarian orang utan dan sejak 1991 telah berhasil menyelamatkan dan merehabilitasi lebih dari 1000 orang utan, korban dari berbagai bentuk ancaman kepunahan yang disebabkan oleh manusia.

Areal BOS – Samboja memiliki luas wilayah kurang lebih 1800 Ha dan menjadi tempat perlindungan satwa liar, terutama bagi Orang utan dan Beruang Madu yang tidak dapat dilepasliarkan ke alam karena penyakit, umur yang sudah tua, dan cacat lainnya.

BOS dengan program Samboja Lodge-nya menawarkan daya tarik wisata yang sangat unik, yaitu wisatawan dapat mengikuti proses reintroduksi atau pelepasan kembali orang utan ke habitat alaminya. Paket-paket wisata yang ditawarkan pun bukan merupakan paket wisata biasa yang sekedar menawarkan rekreasional, tetapi paket wisata yang menawarkan pengalaman dan pengetahuan lebih, yaitu wisatawan dapat turut mengalami kegiatan sehari-hari Yayasan BOS dalam Program Rehabilitasi Satwa (orangutan dan beruang madu), kegiatan rehabilitasi lahan kritis, kegiatan kebun organik, kegiatan pembuatan pupuk organik (kompos), dan pengamatan kehidupan liar yang ada di sekitar areal BOS – Samboja Lestari.

Untuk menikmati paket-paket wisata tersebut, Anda dapat datang ke BOSF Samboja Lestari yang terletak di Jalan Balikpapan – Handil km 44 Kel. Margomulyo, Kecamatan Samboja, lokasinya lebih dekat dengan Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur. Dengan perjalanan darat menggunakan roda empat, BOSF Samboja dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit.
PANTAI AMBALAT3. Pantai Ambalat,
terletak di Kelurahan Amborawang Laut , Kecamatan Samboja Nama Pantai Ambalat diambil dari singkatan Amborawang Laut ini menyuguhkan keindahan pantai dengan pepohonan pinus sepanjang 7 Km. Alam pantainya cukup indah dan Alami, luas pantainya kurang lebih 3 kilometer dari ujung timur ke ujung barat.
Dari Balikpapan jarak menuju Pantai Ambalat adalah 37 Kilometer dengan menggunakan kendaraan: Bus, dari Terminal Balikpapan Permai dengan tarif Rp. 20.000,- s/d Rp. 30.000 /orang sampai di simpangan menuju Pantai Ambalat. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pantai dengan jarak ± 5 Km dengan menggunakan “Ojek” tiba di Pantai Ambalat dengan kisaran tarif Rp. 20.000,- / orang. Car Rent/ Taxi, dari Bandara Sepinggan dengan menggunakan mobil rental dengan tarif Rp. 350.000,-/mobil langsung tiba di Pantai Ambalat. Jarak dari Kota Tenggarong sekitar 105 Km ditempuh dengan waktu selama ± 2 jam dengan transportasi darat. Mobil angkutan dan bus, dari Terminal Timbau Tenggarong dengan tarif Rp. 20.000,-/orang. Sampai di Simpangan Loa Janan-Samarinda, kemudian naik bus yang menuju arah Balikpapan dengan tarif Rp. 20.000,- dan berhenti di Km. 38 Jalan Raya Soekarno Hatta dan kemudian melanjutkan dengan naik “ojek” langsung ke Pantai Ambalat, tarif “ojek” adalah Rp. 30.000,- s/d Rp. 50.000,- / orang. Tiket Masuk untuk kendaraan : Rp 2.000,- s/d Rp. 10.000,-
4. Pantai Tanah Merahpantai_tanah_merah
Pemandangan pantai dengan pohon cemara yang rindang di Kutai Kartanegara, hanya dapat Anda jumpai di Pantai Tanah Merah. Keberadaan pohon cemara menunjukkan bedanya Pantai Tanah Merah dengan pantai lain yang cenderung panas. Pohon-pohon cemara ini membuat Pantai Tanah Merah terasa teduh dan lebih sejuk dari pantai-pantai lain. Selain pohon-pohon cemara, pada jalan masuk pantai ini berjajar pohon-pohon pinus yang memandu pengunjung ke arah pantai.

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanah Merah ini memang bertanah merah dan berpasir putih.Bisa dibayangkan, betapa indahnya perpaduan warna merah tanah dengan putih di pesisir pantai. Pantai indah ini terletak di Tanjung Harapan, Samboja, 14 km dari persimpangan Jalan Raya Balikpapan – Samarinda (km 50) dan berjarak 127 km dari Tenggarong dengan luas kurang lebih 8 ha. Dari jalan poros Samboja – Muara Jawa jaraknya hanya sekitar 2 km.

Pemandangan pantai yang indah, ditemani angin sepoi di bawah keteduhan pohon-pohon cemara, dapat juga Anda nikmati dari bangku-bangku maupun gazebo yang terdapat di sekitar pantai. Kedalaman Pantai Tanah Merah ini masih relatif dangkal sampai sekitar 300 meter dari bibir pantai, jadi Anda bisa berenang sepuasnya di sini atau bermain-main sambil mencari binatang laut. Tak hanya itu, pada hari-hari libur, Anda dapat menikmati pertunjukan hiburan di panggung pertunjukan yang ada di Pantai Tanah Merah.Pantai Tanah Merah juga sudah dilengkapi dengan WC umum dan kamar mandi.

Satu lagi yang menarik, di Pantai Tanah Merah juga ada jembatan kayu yang membentang menuju ke pantai.Bagus sekali untuk menjadi objek foto bagi para fotografer atau cukup unik juga untuk dijadikan lokasi foto pranikah.
sungai hitam samboja 35. Sungai hitam
Sungai Hitam merupakan salah satu kawasan lahan basah yang ada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Keunikan dari
Sungai Hitam adalah terdapatnya spesies kalimantan yang langka dan dilindungi yaitu Bekantan (Nasalis larvatus). Untuk dapat melihat Bekantan dari dekat, pengunjung dapat menyewa perahu dayung untuk mengitari
tepi sungai dan pulau kecil yang menjadi tempat tinggal Bekantan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari, ketika para Bekantan sedang asik mencari makan. Bekantan telah
menjadikan Sungai Hitam sebagai habitat untuk mencari makan, tinggal dan bermain. Selain bekantan, di Sungai Hitam bisa dilihat juga biawak dan aneka burung. Biawak di sini pun unik, karena juga
suka berada di atas pohon. Dari Kota Balikpapan jarak menuju Objek Wisata Sungai Hitam adalah sekitar 58 Km atau sekitar 1 Jam perjalanan. Cara menuju Sungai Hitam bisa ditempuh dengan dua moda

6. Bukit BengkiraiBB 3(1)
Jika Anda memiliki jiwa petualang yang tinggi dan rasa cinta terhadap alam yang besar, Bukit Bangkirai adalah pilihan yang tepat untuk berwisata. Bukit Bangkirai merupakan kawasan hutan tropis yang masih sangat alami, sehingga kita masih bisa dengan jelas mendengar suara-suara burung maupun satwa hutan lainnya di bukit ini. Karena kealamian hutannya, kawasan ini dikembangkan menjadi monumen hutan tropika basah di Indonesia, dengan dominasi jenis flora dari famili Dypterocarpaceae seluas 1.500 ha.
Hutan tropis Bukit Bangkirai merupakan satu dari sedikit hutan tropis di Indonesia yang berlokasi dekat dengan kawasan perkotaan. Bayangkan saja, hanya dalam waktu ± 30-45 menit perjalanan darat dari Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang utama Kalimantan Timur, atau sekitar 58 km, kita sudah bisa menikmati kealamian hutan tropis yang masih begitu terlindungi. Jika dari ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Kawasan Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara pada km. 38 Jalan Raya Soekarno – Hatta, Balikpapan – Samarinda ini berjarak sekitar sekitar 150 km, dan dapat ditempuh dengan waktu selama ± 90 menit dengan transportasi darat melewati kantor pusat Wanariset Samboja menuju arah lokasi HTI (hutan Tanaman Industri). Untuk yang ingin merasakan suasana berbeda, bisa juga menggunakan transportasi laut, yaitu speedboat, berangkat dari pelabuhan Kampung Baru Ujung Balikpapan dengan waktu tempuh ± 45 menit.

Wisatawan Menikmati Puncak Bukit Batu Dinding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*