HASIL FINAL TIM PENILAI BLUD KABUPATEN KUKAR ”20 PUSKESMAS DINYATAKAN RESMI MENERAPKAN PPK-BLUD”

Tim Penilai BLUD Kabupaten di Puskesmas Teluk Dalam

KUKAR : Hampir satu tahun Dinkes Kukar dan Puskesmas menanti hasil dari proses persiapan seluruh puskesmas dalam penerapan PPK-BLUD. Proses diawali pada tahun 2014 yang lalu dengan melakukan pembelajaran dan pelatihan kemudian tahun 2015 awal seluruh puskesmas mulai menyiapkan seluruh dokumen PPK-BLUD sampai kepada proses penilaian dari Tim Penilai BLUD Kabupaten. Hari ini (23/11) di halaman Kantor Bupati Kukar saat apel mingguan digelar oleh Pj Bupati diumumkan dan diserahkan Surat Keputusan Bupati Nomor 637 Tahun 2015 tentang Penerapan status pola pengelolaan keuangan BLUD secara Bertahap untuk 20 puskesmas.

Terkait dengan hal itu, Koentijo Kadinkes Kukar mengatakan, bahwa pihaknya telah menginstruksikan dan mendorong kepada seluruh puskesmas untuk menyiapkan dokumen proses penerapan PPK-BLUD untuk dilakukan penialaian oleh Tim Penilai BLUD Kabupaten, namun dari 32 puskesmas yang sudah berproses tersebut ternyata menurut Tim Penilai yang layak untuk menerapkan PPK-BLUD hanya 20 puskesmas. Meskipun pihaknya, sudah berupaya secara maksimal mendampingi dan mendorong semua puskesmas berproses BLUD, ia tetap menghormati independensi keputusan yang diambil oleh Tim Penilai BLUD kabupaten terkait hal tersebut.

Ia menambahkan, puskesmas yang belum dinyatakan lulus hendaknya tidak berkecil hati oleh karena pada tahun mendatang akan dilakukan proses yang sama dengan memperbaiki dokumen-dokumen keuangan yang masih dirasa belum optimal kelayakannya. Sedangkan puskesmas yang berhasil lulus hendaknya tetap meningkatkan kinerjanya untuk menjaga, mempertahankan dan meningkatkan status PPK-BLUD nya agar tidak dicabut statusnya ketika dilakukan penilaian ulang oleh tim penilai pada periode berikutnya.


Tim Penilai BLUD Kabupaten Di Puskesmas Badak Baru (Foto: )

Puskesmas-Puskesmas yang dinyatakan lulus bertahap sebagai berikut :
1. Puskesmas Mangkurawang
2. Puskesmas Rapak Mahang
3. Puskesmas Loa Ipuh
4. Puskesmas Loa Kulu
5. Puskesmas Teluk Dalam
6. Puskesmas Sebulu II
7. Puskesmas Samboja
8. Puskesmas Handil Baru
9. Puskesmas Muara Jawa
10. Puskesmas Badak Baru
11. Puskesmas Prangat
12. Puskesmas Kota Bangun
13. Puskesmas Sungai Meriam
14. Puskesmas Kembanng Janggut
15. Puskesmas Kahala
16. Puskesmas Jonggon Jaya
17. Puskesmas Rimba Ayu
18. Puskesmas Loa Duri
19. Puskesmas Muara muntai
20. Puskesmas Sanga-Sanga


Tim Penilai BLUD Kabupaten di Puskesmas Sebulu II (Foto: )


Meskipun Surat keputusan tentang penerapan PPK-BLUD Puskesmas ini sudah ditetapkan, namun masih ada regulasi tambahan untuk melengkapi dan optimalisasi pelaksanaan PPK-BLUD tersebut, pihaknya sudah mengajukan Darft Pola Tarif untuk Puskesmas yang sudah BLUD, namun sampai saat ini draft tersebut masih berproses untuk dijadikan surat keputusan Bupati. Ia berharap ketetapan terkait hal tersebut segera dapat direalisasikan.
(WAA)


Via : dinkes.kutaikartanegarakab.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*